rencana pemasaran
Dari segi aspek lingkungan dalam
pemasaran,menentukan lingkungan sangat penting,di karenakan sifat-sifat
Dalam sudut pandang perilaku
konsumen,relevansi studi tentang dua budaya,yaitu:
Budaya suatu masyarakat selalu
berubah.perubahan ini membawa dampak bagi perilaku anggota masyarakat tersebut
dan akan membawa pengaruh pada perilaku mereka sebagai konsumen.
Untuk produk-produk yang sudah menjangkau
multinasional,masalah perbedaan budaya pada setiap daerah harus di pahami
dengan seksama agar komunikasi dan pemasaran produk dapat di adaptasi sesuai
budaya setempat.
Apa yang dapat di pasarkan di daerah
jayapura,belum tentu dapat di pasarkan di daerah Jakarta.demikian pun
sebaliknya.
Contohnya: masyarakat di jayapura gemar
memakan ulat pohon yang di bakar,sehingga di sana di perjual belikan sebagai
makanan ringan.sedangkan masyarakat di Jakarta merasa geli jika melihat ulat
pohon,dan kemungkinan besar jika makanan ulat pohon bakar di jual di
Jakarta,tidak dapat berkembang pesat,karena daya tarik makanan tersebut kurang
menarik bagi masyarakat Jakarta.
Dalam suatu kelompok masayarakat ,selain
budaya juga terdapat norma-norma yang lebih spesifik dan unik yang di anut oleh
kelompok-kelompok yang lebih kecil dalam masyarakat.
Dalam memproduksi barang ataupun jasa yang
dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen,maka suatu produsen membuat desain kemasan produknya dengan
semenarik mungkin,yaitu dengan menggunakan teknologi komputer yang canggih.
Pada saat ini pemilihan teknologi untuk
berproduksi baik barang maupun jasa telah dan sedang berkembang terus sesuai
dengan kemajuan jaman dan akan lebih baik lagi dengan berkembangnya teknologi
menghasilkan efisiensi yang tinggi pada produksi.dalam pemilihan teknologi
biasanya produk dapat di produksi dengan beberapa cara,sehingga membuat
teknologi pun perlu di tentukan secara jelas.
Pada zaman teknologi canggih seperti
sekarang ini,rata-rata para produsen dalam memproduksi produknya 90%
menggunakan teknologi seperti robot,untuk memenuhi target produksi dan target
permintaan pasar. Dan dengan maksud tujuan agar laba yang di peroleh oleh
produsen tersebut banyak,dan biaya yang dikeluarkan pun sangat kecil.sehingga
sumber daya manusia yang di butuhkan sangat sedikit,dan mengakibatkan angka
pengangguran yang cukup banyak.
Pada kebanyakan masyarakat Indonesia pada
zaman sekarang ini rata-rata kurang minat menggunakan produk-produk dalam
negeri,mereka lebih tertarik menggunakan produk-produk impor/produk-produk luar
negeri. Mereka lebih tertarik menggunakan produk-produk luar negeri dengan
berbagai alas an yaitu: harga terjangkan dan kualitas barang yang sangat baik.
Contohnya: barang-barang ekspor dari
china,kian hari kian banyak.hampir semua di pasar baik pasar modern hingga
pasar tradisional,baik yang menjual produk tekstil,makanan hingga elektronik
semuanya berasal dari negeri tirai bambu tersebut. Di karenakan produk-produk
cina pada saat ini telah bebas bea masuk ke dalam Indonesia,sehingga
produk-produk dari cina merajai pasar di Indonesia.
Tetapi pada saat ini,pemerintah Indonesia
telah berupaya mempromosikan produk-produk buatan Indonesia,bahwa produk-produk
buatan Indonesia tidak kalah dengan produk-produk asing.seperti “mobil esemka”
dari segi mesin dan desainnya mobil esemka tidak kalah dengan produk-produk
otomotif dari jepang. Oleh karena itu pemerintah Indonesia sedang menggalakkan
slogan “Cintailah produk-produk Indonesia” yang tertulis baik di kemasan
makanan maupun di iklan-iklan di berbagai media.
1 Komentar:
Casinos Near Laurel Junction - Mapyro
Casinos Near Laurel Junction If you've never frequented the Harrah's casino, you're in luck. If 목포 출장샵 you're wondering 영천 출장마사지 if 경주 출장안마 it's possible, we've got 상주 출장샵 you covered. 강릉 출장샵
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda